Langsung ke konten utama

KETIKA YANG DIHARAPKAN TAK KUNJUNG DATANG

KETIKA YANG DIHARAPKAN TAK KUNJUNG DATANG
KETIKA YANG DIHARAPKAN TAK KUNJUNG DATANG

Setiap individu pasti mempunyai harapan, setiap harapan pasti melekat di benak manusia. Manusia tak bisa terpisah dari harapan,  tidak ada di muka bumi ini manusia tanpa harapan. Selantang apapun dirinya berteriak, sekeras apapun dirinya bersorak mendeklarasikan bahwa dia adalah manusia tanpa harapan, tetap saja hati kecilnya tertancap oleh panah-panah harapan. Namun meskipun manusia “hobi’ berharap, tidak lantas semua harapan terkonversi dalam hamparan kenyataan. Seringkali kenyataan dan harapan seperti pertemuan dua medan magnet yang sejenis, berjalan pada arah berlawanan dan saling menjauh.

Sebagai agama yang sempurna, Islam memberikan arahan yang benar dalam menyikapi situasi tersebut. 

Pertama hendaknya manusia menyandarkan harapannya kepada Rabbul Izzati dalam bentuk doa. Allah SWT sendiri telah mengkonfirmasi, jika menginginkan sesuatu berdoalah kepadaNya, niscaya akan dikabulkan.

Lalu bagaimana dengan doa yang tidak kunjung terkabul, apakah itu berarti Allah SWT mengingkari sendiri sesuatu yang dijanjikannya. Bukan seperti itu, sekali lagi tidak seperti itu. Ingatlah, Allah Mahatahu sedangkan pengetahuan manusia sangat terbatas. Sehingga seringkali kita cepat putus asa dan mengambil kesimpulan dini bahwa doa kita tidak dikabulkan. Sikap berputus asa bukanlah sesuatu yang terpuji, dan seringkali keputusasaan terjadi dikala keberhasilan telah dekat. Justru sikap kurang sabar lah yang menghalanginya dari kesuksesan.

Kedua, manusia tidak pantas melulu menyalahkan Rabbnya. Introspeksi diri juga memegang peranan penting. Apakah kita sudah memenuhi syarat-syarat agar doa kita terkabul dan harapan kita terwujud. Atau mungkin kita adalah laki-laki yang pakaiannya haram, minumannya haram, dan kenyang akan hal-hal haram lalu dengan sifat tak tahu diri menengadahkan tangannya dan berkata “ya robbi ya robbi”. Perilaku seperti ini dikomentari Nabi SAW, “bagaimana doanya akan diijabahi?”

Ketiga, boleh jadi harapan kita sebenarnya tidak baik untuk diri kita. Karena pengatahuan manusia hanya sebatas pada keinginannya, sedangkan Allah SWT lebih tahu akan kebutuhannya. Penundaan ijabah juga bisa menyadarkan kita bahwasanya Allah SWT berkehendak atas segala sesuatu, termasuk apa yang akan terjadi pada diri kita.

Keempat, boleh jadi harapan kita terlalu jauh dan cenderung bersifat khayal. Tidak mungkin kita malam hari berdoa ingin pandai lalu keesokan harinya kita mendadak menjadi manusia jenius. Tidak mungkin malam hari kita berdoa ingin kaya, keesokan harinya kita terbangun di tengah tumpukan emas. Tidak mungkin kita berharap masyarakat adil makmur, keesokan harinya tegak daulah islamiyah.


Islam senantiasa menjaga keseimbangan. Menjaga manusia untuk selalu berharap, mengajarkan cara berharap yang tepat, mencegah manusia berputus asa namun tak lupa mengajak untuk tetap realistis dan bijak dalam menyikapi kenyataan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Cara Hidupmu, Begitulah Cara Matimu

Anakpondok.com - Bagaimana Cara Hidupmu, Begitulah Cara Matimu Bertaqwalah kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dengan sebenar-benarnya! Kalau untuk urusan dunia kita begitu bersemangat, berangkat pagi pulang petang, tapi untuk urusan ketaqwaan kepada-Nya terkadang kita masih lalai cenderung meremehkan. يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى dengan sebenar-benar takwa dan janganlah kalian mati melainkan dalam keaadan muslim.” Bagaimana kita menyiapkan kematian yang akan mendatangi kita. Sudah menjadi sunnatullah bahwa setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati, hanya tidak ada di antara kita yang mengetahui kapan kematian itu akan datang. Banyak ayat di dalam al-Quran yang mengingatkan kepada kita. antara lain: QS al-Jumu’ah ayat 8 قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُ

Orang Yang Meninggalkan Shalat Ashar, Apakah Amalnya Akan Gugur?

Anakpondok.com - Orang Yang Meninggalkan Shalat Ashar, Apakah Amalnya Akan Gugur? Pertama: Terdapat ancaman keras terhadap orang yang meninggalkan shalat Ashar dengan sengaja hingga keluar waktu. Imam Bukhari telah meriwayatkan, no. 553, dari Buraiah bin Hushaib Al-Aslamy radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ ، فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُه "Siapa yang meninggalkan shalat Ashar, maka amalnya akan gugur." Sedangkan Imam Ahmad meriwayatkan dalam musnadnya, no. 26946, dari Abu Darda radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, مَنْ تَرَكَ صَلَاةَ الْعَصْرِ مُتَعَمِّدًا ، حَتَّى تَفُوتَهُ ، فَقَدْ أُحْبِطَ عَمَلُهُ (وصححه الشيخ الألباني رحمه الله في "صحيح الترغيب والترهيب) "Siapa yang meninggalkan shalat Ashar dengan sengaja hingga habis waktunya, maka amalnya akan gugur." (Dinyatakan shahih oleh Al-Albany rahimahullah dalam Shahih Ta

Perjalanan Rumah Tangga Atikah binti Zaid, Istri Para Syuhada’

Kali ini, kita akan mengupas profil shahabiyah yang memiliki kepribadian yang sangat agung. Beliau adalah Atikah binti Zaid yang sangat terkenal dengan kecantikan, kepandaian, tawadhu’, serta ketaatannya  kepada Allah. Atikah merupakan seorang wanita yang sangat cantik rupawan, seorang gadis yang berasal dari keluarga yang kaya raya. Atikah merupakan putri dari Zaid bin Amr, salah seorang yang menghina berhala-berhala kaum Quraisy pada zaman jahiliyah. Zaid tidak sempat bertemu dengan Rasulullah, tetapi hatinya telah menanti dan mencintai Rasul, hingga Rasulpun melihatnya di syurga. Saudara Atikah juga merupakan ahli syurga ia adalah Said bin Zaid, suami dari fathimah binti Khattab. Atikah telah mewarisi kefasihan, kemampuan bersyair, kelembutan perasaan, ketajaman hati, kesucian jiwa untuk beriman dari ayahnya. Maka tatkala Rasul menyuruh kepada Islam dia langsung menyambut seruan tersebut dan berbaiat kepada Rasul, serta beliau juga ikut serta dalam hijrah. Atikah meni